Aspal adalah material perekat berwarna hitam atau coklat tua dengan unsur utama bitumen yang diperoleh dari residu hasil pengilangan minyak bumi berfungsi sebagai pengikat agregat dalam pembuatan jalan. Aspal dipilih untuk konstruksi jalan karena mempunyai sifat pekat (consistency), tahan terhadap pelapukan yang disebabkan oleh cuaca, derajat pengerasan dan ketahanan terhadap air.

Material aspal apa saja?

Kandungan aspal terdiri dari 80 % karbon, 10 % hydrogen, 6 % belerang, dan sisanya Oksigen , Nitrogen serta sejumlah renik besi, nikel dan vanadium.

 


Apa yang dimaksud tack coat? Tack coat merupakan lapisan perekat berupa Aspal cair yang diletakkan diatas lapisan beraspal atau lapis beton. Bahan lapis pengikat terdiri dari aspal emulsi yang cepat menyerap atau aspal keras.

Apa itu buras aspal?

a) Yang dimaksud dengan Laburan Aspal (Buras) dalam Seksi ini adalah lapis penutup yang terdiri atas lapisan aspal tipis yang ditutup dengan taburan agregat halus atau pasir dan dipadatkan.

Tack Coat

Tack coat merupakan lapisan perekat berupa Aspal cair yang diletakkan diatas lapisan beraspal atau lapis beton. Bahan lapis pengikat terdiri dari aspal emulsi yang cepat menyerap atau aspal keras. Untuk pemakaiannya sendiri berkisar antara 0,15 sampai 0,50/m2 lebih tipis dibandingkan volume Prime coat. Adapun fungsi utama dari Tack Coat adalah untuk memberikan daya ikat antara lapis lama dengan lapis baru.

×

Tack Coat

Prime coat merupakan lapisan ikat aspal cair yang diletakkan di atas lapisan pondasi agregat kelas A. Lapis resap pengikat ini dibuat dari Aspal dengan penetrasi 80/100,atau penetrasi 60/70 yang di cairkan minyak tanah. Volume yang digunakan berkisar antara 0,4 sampai dengan 1,3 liter/m2. Fungsi dari Aspal Prime Coat adalah untuk memberikan daya ikat antara lapis pondasi agregat dengan Aspal Hotmix. Selain itu, juga berfungsi untuk mencegah lepasnya butiran lapis pondasi agregat saat dilewati kendaraan sebelum dilapisi dengan Aspal Hotmix. Kemudian Prime Coat juga berfungsi untuk menjaga lapis pondasi agregat dari pengaruh cuaca khususnya saat hujan sehingga air tidak masuk kedalam lapis pondasi agregat sehingga dapan menyebabkan kerusakan pada struktur jalan.

 

Prime Coat

Tack coat merupakan lapisan perekat berupa Aspal cair yang diletakkan diatas lapisan beraspal atau lapis beton. Bahan lapis pengikat terdiri dari aspal emulsi yang cepat menyerap atau aspal keras. Untuk pemakaiannya sendiri berkisar antara 0,15 sampai 0,50/m2 lebih tipis dibandingkan volume Prime coat. Adapun fungsi utama dari Tack Coat adalah untuk memberikan daya ikat antara lapis lama dengan lapis baru.

Ketebalan aspal berapa?

Ketebalan minimum lapisan ini adalah 5 cm. Lapis paling atas disebut lapis permukaan atau lapis fondasi atas (Asphalt Concrete-Wearing Course atau AC-WC). Nama lainnya adalah laston lapis aus, karena bagian inilah yang langsung berhadapan dengan tekanan ban kendaraan di jalan raya.

Berapa berat jenis aspal HRS WC?

Sifat fisik dan mekanik bahan-bahan pe nyusun campuran HRS-WC yaitu, (1) agre gat kasar memiliki berat jenis bulk 2,54 gram/cm3, berat jenis SSD 2,57 gram/cm3, berat jenis semu 2,63 gram/cm3, penyera Page 8 18 JURNAL BANGUNAN, VOL. 22, NO.2, OKTOBER 2017: 11-20 pan 1,2%, dan pemeriksaan keausan agre gat 34,8%.

Berapa lama aspal cair kering?

Tack Coat Aspal Emulsi mengering/setting dalam waktu 5-10 menit.

Apa itu lapis resap pengikat aspal cair?

Lapis resap pengikat (Prime Coat) merupakan bagian dari struktur perkerasan lentur yang berfungsi sebagai perekat antara lapisan beraspal yang ada/lama dengan lapisan beraspal tambahan/baru.

Apa perbedaan Lapis Resap pengikat dan Lapis perekat?

Lapis perekat atau tack coats yaitu lapisan yang diletakan di bagian atas aspal atau lapisan beton. Sedangkan lapis resap pengikat diletakan di bagian atas pondasi agregrat.

Jelaskan apa yang anda ketahui tentang aspal emulsi?

Aspal emulsi adalah campuran dari aspal dan air (yang tidak bisa bersatu) di mana aspal didispersikan ke dalam air dengan bantuan emulgator (bahan pengemulsi) dalam bentuk butiran yang sangat halus.

Berapa nilai berat jenis aspal?

Dari hasil pemeriksaan berat jenis aspal diperoleh nilai sebesar 1,045 gr/cc sehingga aspal dalam penelitian ini memenuhi syarat SNI 2441 : 2011 yaitu minimal 1 gr/cc.

Berapa berat 1 drum aspal?

Hasil penimbangan didapat rata-rata berat drum aspal 165,2 kg.

Berapakah ketebalan Laston AC WC?

Surface /Wearing Course /AC-WC disebut Laston lapis aus , dengan ketebalan normal minimum 4 cm.

Apa itu aspal ATB?

Asphalt treated base (ATB) adalah beton aspal campuran panas (hot mix) yang berfungsi sebagai lapis pondasi. ATB tersusun dari fraksi-fraksi material berbutir (agregat) dan aspal sebagai bahan pengikat sesuai dengan spesifikasi campuran yang telah ditentukan.

Berapakah nilai toleransi kadar aspal?

Berdasarkan spesifikasi umum 2010 revisi 3 (tiga) telah diisyaratkan bahwa toleransi kadar aspal adalah ± 0,3% dari berat total campuran. Hal ini mengindikasi bahwa kadar aspal sangat berpengaruh besar terhadap umur pelayanan lapis perkerasan jalan.

Berapa suhu pemanasan aspal pada pengendalian kualitas aspal?

Sukirman (1992) menyatakan bahwa suhu pemadatan yang dipergunakan pada pemadatan aspal beton campuran panas adalah 125◦C.

Apa itu AC Base?

Asphalt Concrete – Base (AC – Base)


Asphalt Institute (1996) menjelaskan beton aspal untuk lapis pondasi (AC – Base), merupakan lapisan perkerasan yang terletak di bawah lapis pengikat (AC – Binder Course).

Apa yang dimaksud dengan aspal keras?

Aspal Keras adalah aspal yang mempunyai tingkat Kekerasan yang tinggi. Penetrasi dari aspal Keras berkisar antara 60-80.

Apa itu Cold Mix?

Aspal coldmix adalah salah satu tipe agregat aspal dengan kualitas yang hampir setara dengan aspal hotmix. Tidak seperti aspal hotmix yang dihampar, dalam keadaan panas, aspal coldmix dapat langsung dihampar setelah penuangan teakcoat pada permukaan jalan yang mengalami kerusakan.

Berikut penjelasan mengenai jenis-jenis aspal yang wajib diketahui :

1. Prime coat

Prime coat merupakan lapisan ikat aspal cair yang diletakkan di atas lapisan pondasi agregat kelas A. Lapis resap pengikat ini dibuat dari Aspal dengan penetrasi 80/100,atau penetrasi 60/70 yang di cairkan minyak tanah. Volume yang digunakan berkisar antara 0,4 sampai dengan 1,3 liter/m2.

Fungsi dari Aspal Prime Coat adalah untuk memberikan daya ikat antara lapis pondasi agregat dengan Aspal Hotmix. Selain itu, juga berfungsi untuk mencegah lepasnya butiran lapis pondasi agregat saat dilewati kendaraan sebelum dilapisi dengan Aspal Hotmix.

Kemudian Prime Coat juga berfungsi untuk menjaga lapis pondasi agregat dari pengaruh cuaca khususnya saat hujan sehingga air tidak masuk kedalam lapis pondasi agregat sehingga dapan menyebabkan kerusakan pada struktur jalan.

2. Tack coat

Tack coat merupakan lapisan perekat berupa Aspal cair yang diletakkan diatas lapisan beraspal atau lapis beton. Bahan lapis pengikat terdiri dari aspal emulsi yang cepat menyerap atau aspal keras.

Untuk pemakaiannya sendiri berkisar antara 0,15 sampai 0,50/m2 lebih tipis dibandingkan volume Prime coat.

3. Aspal Hotmix Ashpalt Concrete Base

Ashpalt Concrete Base atau AC Base adalah salah satu jenis Aspal Beton yang digunakan sebagai pondasi atau kontruksi jalan dengan lalu lintas berat atau jalan yang umumnya selalu dilalui kendaran dengan tonase yang besar. Adapun minimum ketebalannya mencapai 5 centimeter.

4. Aspal Hotmix Binder Course

Binder Course atau BC adalah lapisan perkerasan dibawah lapisan aus (wearing Course) dan diatas lapisan pondasi (Base Course).

Meski tidak berhubungan langsung dengan cuaca namun penerapan aspal ini minimum berada pada ketebalan 4 centimeter.

Adapun tujuannya yaitu untuk mengurangi ketegangan akibat beban lalu lintas pada bagian bawah lapisan.

5. Wearing Coarse

Wearing Coarse atau disebut juga Laston, merupakan lapisan perkerasan yang terletak paling atas atau lapis permukaan jalan dengan lalu lintas berat.

Adapun Laston dengan ketebalan minimum 4 centimeter ini berfungsi sebagai lapisan aus AC-WC, dimana dapat menambah daya tahan perkerasan terhadap penurunan mutu.

6. Hot Roller Sheet

Hot Roller Sheet, umumumnya dikenal dengan istilah HRS atau biasa juga disebut Lataston (lapisan tipis aspal beton).

HRS ini digunakan sebagai lapis permukaan konstruksi jalan dengan lalu lintas sedang minimum gelaran ketebalan yakni 3 centimeter.

7. Fine Grade

Fine Grade umumnya disingkat FG merupakan, salah satu jenis aspal hotmix yang biasa digunakan untuk jalan perumahan dengan beban rendah, yang ketebalannya minimum 3 cm.

8.Shand Sheet

Shand Sheet, merupakan jenis aspal yang digunakan untuk jalan perumahan dan perparkiran dengan tebal maksimum 2,8 centimeter.

Demikian ulasan singkat saya mengenai jenis-jenis aspal, tunggu tulisan saya berikutnya yang membahas mengenai faktor apa saja yang membuat aspal jalan menjadi kuat dan faktor apa saja yang membuat jalan aspal cepat rusak.

 

Kelebihan aspal hotmix.

Sebagai salah satu material yang paling sering dipakai untuk kebutuhan prasarana jalan, aspal hotmix adalah salah satu hal yang utama dalam sebuah konstruksi. Apalagi dibandingkan dengan cara-cara lama seperti pengecoran dan lainnya yang dirasa merepotkan di zaman sekarang.

Nah beberapa kelebihan dari aspal hotmix ini antara lain sebagai berikut.

- Cepat untuk proses pekerjaannya sehingga jenis aspal hotmix ini banyak disukai serta diminati oleh orang-orang, khususnya kontraktor dan jasa pengaspalan.

- Jenis aspal hotmix ini memiliki daya tahan yang paling kuat terhadap berbagai macam suhu, bahkan suhu ekstrem sekalipun.

- Hemat jika dilihat dari segi waktu dan juga segi biaya serta tidak terlalu memerlukan perawatan khusus secara terus menerus.

- Memiliki sifat yang fleksibel, tidak cenderung renggang dan stabil.

- Tidak hanya dari proses pengerjaan yang cepat, juga tidak memerlukan waktu yang lama sesudah dihamparkan di jalan. Sudah bisa dipakai untuk lalu lintas. 

Itulah beberapa kelebihan aspal hotmix yang perlu kamu ketahui. Beberapa kelebihan tersebut dirasa cukup efektif untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat atau pengguna jalan.

 

 


 
Top